Selasa, 20 Mei 2014

Pulau Belitung, Pulau Surga dari Sumatera

Pulau Belitung. Siapa yang tidak tahu dengan pulau yang disebut dengan negeri laskar pelangi ini. Setelah novel dan film laskar pelangi melejit beberapa tahun yang lalu, Pulau Belitung bak menjadi idola pendatang baru yang sedang naik daun. Sejak tahun 2008, Pulau Belitung menjadi salah satu tujuan wisata favorit di Indonesia. Bagaimana tidak, keindahan pantai pasir putih dan perpaduan air bening seperti kristal menjadikannya tak kalah dengan keindahan Laut Spanyol yang menawan. Belitung menyajikan banyak keindahan pantai pasir putih dan berbatu besar. Bagi para traveller pecinta keindahan pantai, Belitung wajib menjadi tujuan liburan anda. Ada apa sajakah di Belitung, yuk intip yang berikut ini.

Wisata Pulau dan Pantai
Yang menjadi objek wisata utama Pulau Belitung adalah keindahan pantainya. Apalagi Pulau Belitung memiliki anak pulau kecil di sekitarnya seperti Pulau Lengkuas, Pulau Kepayang, Pulau Pasir, dan Pulau Burung yang kesemuanya menyajikan keindahan pasir putih yang halus dan hamparan batu besar Billitonite. Ada pantai apa saja di Belitung?

1. Pantai Tanjung Tinggi 
Pantai Tanjung Tinggi merupakan pantai yang menjadi tujuan utama para wisatawan Belitung. Selain menyajikan keindahan pantai yang tiada tara, Pantai ini juga merupakan pantai tempat syuting film Laskar Pelangi. Pantai ini tidak jauh dari kota Tanjung Pandan, hanya sekitar 1 jam perjalan dengan sepeda motor.
Pantai Tanjung Tinggi (Foto: Belitungtrans.com)

tanjung Tinggi (Foto: koleksi pribadi)

2. Pulau Lengkuas
Selai terkenal dengan keindahan pantai dan terumbu karangnya, Pulau lengkuas juga terkenal karena adanya menara mercucuarnya. Pulau ini terlihat jelas dengan mercucuarnya ketika dilihat dari dermaga Tanjung Binga. Kita bisa melihat keindahan Laut di sekitar Pulau lengkuas dari atas mercuar. Mercucuar terdiri dari 18 lantai. Dari lantai 18 kita bisa melihat keseluruhan Pulau Belitung.

Pulau Lengkuas dari atas Mercucuar (Foto: Belitungtrans.com)

Pulau lengkuas (Foto: Belitungtrans.com)

3. Pulau Kepayang
Pulau kepayang merupakan pulau yang menjadi penangkaran penyu dan pelesatrian terumbu karang. Pulau ini juga memiliki flora yang unik dan khas. Di pulau ini juga tersedia tempat bersantai, restoran, dan juga tempat penyewaan alat snorkling. 

Pulau Kepayang (Foto: koleksi pribadi)

Pantai Pulau Kepayang (Foto: koleksi pribadi)

4. Pulau Pasir
Pulau pasir hanya terdiri dari hamparan pasir putih. Pulau ini hanya akan terlihat pada saat air laut sedang surut, namun akan tenggelam ketika air laut sedang pasang. Bagi yang ingin melihat Bintang Laut yang cantik, silahkan ke Pulau Pasir.

Pulau Pasir (Foto : Belitungtrans.com)

Bintang laut di Pulau Pasir (Foto: Belitungtrans.com)

5. Pulau Burung
Tidak jauh dari Pulau Lengkuas, Pulau Burung juga menyajikan keeksotisan pantai berbatu yang indah. 

Pulau Burung (Foto: nakarasido.com)

6. Pantai Penyabong
Pantai Penyabong merupakan pantai dengan ciri khas tersendiri. Rata-rata pantai di Belitung memiliki batu berwarna hitam. Namun berbeda dengan Pantai Penyabong, pantai ini memiliki batu putih bersih yang rata-rata seluas lapangan sepak bola. Tidak seperti pantai lainnya yang berair tenang, justru  Pantai Penyabong berombak besar yang menantang karang. bagi yang suka menikmati suara deru ombak, maka Pantai Penyabong cocok sekali untuk anda. Pantai ini terletak di kecamatan Membalong. Namun sayang akses ke pantai ini masih belum bagus, hal ini dikarenakan akses jalan yang masih berupa jalan merah berpasir sehingga menjadikan pantai ini masih kurang di kenal oleh para wisatawan.

Pantai Penyabong  (Foto: koleksi pribadi)

7. Pemandian Baraiye
Pemandian ini merupakan aliran air terjun yang berada di lereng Gunung Tajam. Airnya yang jernih dan segar sangat cocok untuk melepas rasa lelah. Walaupun jalan menuju tempat ini sudah memprihatinkan, namun tempat ini tetap ramai oleh wisatawan lokal. Bagi yang ingin melihat keksotisan Pulau belitung dari ketinggian, maka bisa melanjutkan pendakian ke puncak Gunung Tajam. Disarankan mendaki gunung ini start pagi hari dengan peralatan dan logistik lengkap. walaupun gunung ini tidak terlalu tinggi, namun gunung ini merupakan wilayah hutan tropis yang cukup berbahaya (banyak hewan melata). Gunung ini juga dianggap gunung keramat oleh masyarakat belitung.

Pemandian Baraiye (Foto: koleksi pribadi)

Pemandangan dari Gunung Tajam (Foto: koleksi pribadi)

8. Pantai Pangkalan Punai
Pantai Pangkalan Punai merupakan tempat rekreasi yang terletak di wilayah Belitung Timur, tidak jauh dari Gantong. Pantai pangkalan Punai sangat cocok bagi yang ingin menyaksikan keindahan sunrise karena pantai ini merupakan sisi paling timur Pulau Belitung.

Pangkalan Punai  (Foto: koleksi pribadi)

9. Batu Buyung
batu Buyung merupakan batu mistis yang berada di wilayah belitung Timur. Konon katanya jika pasangan yang kesini maka akan berjodoh. Batu Buyung merupakan batu besar yang terletak di tebing berbatu di pinggir laut. 

Batu Buyung  (Foto: koleksi pribadi)

10. Danau Kaolin
Danau Kaolin adalah danau yang terbentuk dari lubang bekas pengerukan timah. danau ini memiliki air berwarna hijau kebiru-biruan. Kini di danau ini telah tersedia gazebo-gazebo tempat untuk wisatawan bersantai.

Danau Kaolin  (Foto: koleksi pribadi)

11. Bukit Baginde
Bukit Baginde bukan sebuah bukit, namun merupakan sebuah batu besar setinggi 200 m yang merupakan batu tertinggi di dunia. Batu ini juga merupakan batu yang dianggap keramat oleh masyarakat belitung. Dari atas batu ini, kita bisa melihat keindahan pantai membalong. Konon katanya, bagi yang dapat melihat telapak kaki di atas batu ini akan mendapat keberuntungan. 

Bukit Baginde  (Foto: koleksi pribadi)

Bukit Baginde  (Foto: koleksi pribadi)

Nah, bagi yang ingin melihat dengan jelas seberapa indah view-nya. Ini nih view Bukit Baginde dan Pantai Penyabong yang masih asri yang pastinya tidak kalah indah dari wisata lainnya di Belitung. Dan yang terpenting, Bukit Baginde satu dengan Pantai Penyabong. Chek it out this video :)

Pantai Penyabong dan Bukit Baginde (Video: Belitungisland.com)


Wisata Jejak Laskar Pelangi
Bagaimana ? banyak sekali wisata alam Belitung bukan? tapi jangan puas dulu, bukan hanya wisata alam saja yang ada di belitung. Kita juga bisa berwisata menyusuri jejak laskar pelangi di gantong seperti ke Museum Kata Andrea Hirata, Bertemu Bu Halimah, atau ke replika  Sd Muhammdiyah Gantong di Gantong Belitung Timur.

Museum Kata Andrea Hirata di Jalan laskar pelangi (Foto: koleksi pribadi)

Museum Kata Andrea Hirata (Foto: koleksi pribadi)

Replika SD Muhammadiyah Gantong (Foto: koleksi pribadi)

Replika SD Muhammadiyah gantong (Foto: koleksi pribadi)

Wisata Kuliner
Masih ada lagi Boi... Jangan lupa kalo ke Belitung mencicipi kopi khas Belitung. Kopi ini sangat nikmat, tak heran di Belitung mudah sekali di jumpai warung kopi dimana-mana. Kopi belitung berbeda dari kopi lainnya karena proses menyeduhnya yang langsung di masak bersama kopinya. Itulah mengapa kopi Belitung memiliki cita rasa yang khas. Dan jangan lupa pula mencicipi kopi Manggar dan kopi kuli di Museum Kata Andrea Hirata :)

Kopi Kuli di Museum kata Andrea Hirata (Foto: koleksi pribadi)

kopi Belitung (Foto : indonesiatravel.com)
(dari berbagai sumber)





1 komentar: