Senin, 26 Mei 2014

Rimpu, Jilbab Ala Orang Bima

Rimpu: Jilbab khas Suku Mbojo (Bima)
(Foto: alanmalingi)

Bila ada yang ingin berliburan ke Bima (Pulau Sumbawa) di Nusa Tenggara Barat, maka jangan kaget bila melihat sebagian wanita di desa-desa sana berpakaian seperti ninja bersarung. Itulah Jilbabnya Orang Bima, Rimpu namanya. Rimpu merupakan jilbab dari sarung khas Bima yang dililitkan di kepala. Sarung khas Bima yang digunakan untuk Rimpu adalah sarung Tembe Nggoli. 

Wanita-wanita Suku Mbojo ini sudah menggunakan Rimpu sudah dari dulu kala, bahkan jauh sebelum islam masuk Bima.Terdapat dua jenis Rimpu, yaitu Rimpu Mpida dan Rimpu Colo. rimpu Mpida merupakan Rimpu yang menututi seluruh kepala hingga dada kecuali mata. lebih tepatnya Rimpu Mpida ini seperti orang yang berjilbab dengan menggunakan cadar. Sedangkan Rimpu Colo adalah rimpu yang menutupi kepala hingga dada kecuali wajah atau seperti orang-orang berjilbab pada umumnya. 

Rimpu Mpida (Foto: harmonysultan)

Rimpu Colo (Foto: indo blog)

dahulu kala, kaum wanita Bima menggunakan Rimpu untuk menghindari panas terik matahari ketika sedang bekerja. Namun sebenarnya manfaat dari Rimpu melebihi dari sekedar menghidarkan dari panas, namun pemakaian Rimpu juga dimaksudkan agar dapat melindungi wanita dari gangguan laki-laki. Denngan menggunakan Rimpu, para laki-laki segan untuk mengganggu bahkan mereka menghormati wanita yang menggunakan Rimpu. 

Namun sayang, seiring dengan perkembangan zaman Rimpu seakan mulai tersisih dari kehidupan orang Bima. Untuk mencari orang yang masih menggunakan Rimpu ini cukup susah. hanya kalangan para orang tua saja yang masih banyak menggunakan Rimpu, khususnya di daerah pedesaan. 

Sumber: dari berbagai sumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar